MELEK HURUF SEBAGAI KUNCI SUKSES KEHIDUPAN


Kemampuan membaca atau yang kini lebih kita kenal dengan istilah melek huruf, merupakan salah satu kegiatan mempersepsi, menganalisa dan memahami tulisan, ini salah satu faktor penting dalam kehidupan manusia. Sangat disayangkan, di zaman yang modern ini anak-anak bahkan orang dewasa telah lupa akan pentingnya membaca, mereka lebih senang dengan hal-hal yang lebih modern seperti bermain game online, menggunakan sosial media dalam jangka waktu yang cukup lama, apalagi untuk hal-hal yang kurang penting seperti hanya untuk melihat kronologi dinding orang lain.

Mari kita pahami kembali istilah yang sangat popular ini, “Buku adalah jendela dunia”. Mengapa disebut demikian? Ya karena dengan membaca buku kita dapat mencari, mengetahui dan memahami berbagai informasi yang kita butuhkan, baik itu dari jenis novel, sejarah, filsafat, hukum, agama dan lain sebagainya. Buku dapat membuka mata kita lebar-lebar bahwa dunia itu sangatlah luas, beragam dan universal.

Fakta Mengenai Peringkat Melek Huruf Di Indonesia

Tahukah Anda? Negara Indonesia berada di peringkat 85 dunia menurut tingkat melek huruf menurut Laporan Program Pembangunan 2005 PBB. Peringkat tersebut bisa dikatakan belum cukup baik melihat peringkat melek huruf negara-negara tetangga kita diatas Negara Indonesia. Contohnya adalah Negara Singapura berada ti peringkat 74, sedangkan untuk negara tetangga dibagian timur Indonesia yaitu Australia menduduki peringkat 1 dunia untuk tingkat melek hurufnya. Luar biasa sekali bukan? Sepatutnya kita mencontoh hal-hal baik yang mereka lakukan.

Lalu mengapa melek huruf ini dikatakan sebagai kunci sukses kehudupan?!
Berikut beberapa alasan yang dapat saya jabarkan.

Pertama, membaca dapat mengurangi tingkat kepikunan Anda. Seseorang yang sering menggunakan waktunya untuk membaca dapat lebih lambat dalam penurunan kognitif individu tersebut. Hal ini disebabkan oleh peremajaan otak yang terus bekerja sehingga memori atau ingatan kita tetap kuat, dapat fokus dan konsentrasi. Rasa khawatir pikun terhadap bertambahnya usiapun dapat kita kurangi dan siasati dengan terus membaca dari sejak dini.

Kedua, mengurangi tingkat stres. Pernahkah Anda mengalami stres? Ya, setiap orang pasti pernah mengalaminya, sekalipun itu anak kecil, terutama untuk mereka yang berada pada tingkat perekonomian rendah. Mereka rentan sekali mengalami gangguan stress ini. Ketika kita membaca, kita akan merasakan rasa tenang dan damai dihati. Membaca novel misalnya akan membawa kita hanyut terbuai pada cerita tersebut, seakan-akan kita mengalaminya. Rasa empatipun muncul. Anda akan menyadari dan membuka pikiran Anda dan menganalisa bahwa kehidupan Anda lebih baik dari pada kehidupan orang lain diluar sana. Kemudian Anda mensyukurinya dan tingkat stres pada diripun berkurang.

Ketiga, membaca dapat meningkatkan interaksi dengan lingkungan atau dunia luar. Berbagai macan tulisan baik itu yang dimuat di koran, majalah maupun buku menyadarkan kita pada dunia yang sesungguhnya. Anda akan mengalami rasa ingin tahu yang lebih dari pada apa yang telah didapatkan dalam buku tersebut. Politik, sosial, budaya dan berbagai karakteristik lainnya akan Anda temui dalam kehidupan yang sesungguhnya. Sebagai makhluk sosial kita membutuhkan orang lain untuk saling membantu dan menjalin hubungan yang berkualitas dengan orang-orang dilingkungan sekitar sehingga tujuan hidup kita langkah demi langkah, sedikit demi sedikit akan tercapai.

Itulah beberapa alasan terkait pentingnya membaca selain untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Dengan kita tidak pikun, dengan kita stres, dan dengan kita dapat menjalin hubungan baik dan berinteraksi dengan lingkungan maka hidup kita akan lebih sukses dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki tetiga hal tersebut. Sehingga sukses dalam kehidupanpun dapat kita raih dengan lebih sempurna.

Lalu apa hakikat sukses itu?! Saya akan menjelaskan pada artikel berikutnya.

Silahkan untuk berkomentar dengan sopan dan berbagi postingan ini jika dinilai memberi manfaat. Terima kasih.




0 Response to "MELEK HURUF SEBAGAI KUNCI SUKSES KEHIDUPAN"

Post a Comment