Isyarat Tangan Ini Mempunyai Makna Berbeda di Berbagai Negara ( Part I )

Ok, Pertama-tama saya ingin kasih tahu terlebih dahulu mengenai isyarat tangan. Jadi, isyarat tangan ini termasuk kedalam bahasa tubuh atau yang sering disebut juga kinesics, karena menggunakan bahasa tubuh yang tidak menggunakan suara maka bahasa tubuh termasuk ke dalam komunikasi nonverbal. Karena kita hidup, semua anggota badan kita senantiasa bergerak, seperti wajah (termasuk senyuman dan pandangan mata), tangan, kepala, kaki, dan yang lainnya dapat digunakan sebagai isyarat simbolik.

Isyarat tangan sering kali kita gunakan dalam keseharian untuk menyertai ucapan kita. Contohnya adalah saat kita sedang menelpon, kita akan mengerak-gerakan tangan kita walaupun lawan bicara kita tidak terlihat.

Isyarat Tangan Tanda "Ok" di Berbagai Negara

Meskipun isyarat tangan yang digunakan sama, maknanya boleh jadi berbeda; atau, isyarat fisiknya berbeda namun maksudnya sama. 


Membentuk satu lingkaran yang dibentuk oleh ibu jari dan telunjuk dengan ketika jari lainnya beriri ini di Amerika mempunyai arti "beres," "bagus," atau "ok". Berarti mempunyai makna yang sama dengan Indonesia ya kalau begitu. Dan di Prancis Utara dan Jerman pun ternyata juga sama. 

Lalu bagaimanakah di negara atau wilayah bagian negara lain?! Kenapa wilayah bagian negara? Ya karena meskipun dalam satu negara yang sama tetapi tidak menutup kemungkinan mempunyai persepsi yang berbeda di antara mereka. Seperti negara yang satu ini, yaitu Prancis.

Tadi saya sudah kasih tahu kan kalau di Prancis Utara membentuk angka nol dengan ibu jari dan telunjuk itu di persepsi "ok", nah lain halnya dengan Prancis Selatan, mereka mempersepsi tanda itu berarti "tidak ada" atau "nol". Di Paris diberi makna "kamu tidak berharga". Waw, kalau makna itu kena orang Indonesia, sakit hati banget kali ya.. Apalagi kan orang Indonesia pada baper alias bawa perasaan dan sensitif. hehe

Di beberapa negara Arab berarti "kutukan", di Yunani berarti ajakan seksual yang tidak sopan, sedangkan di Jepang, Korea, dan Filipina isyarat tangan ini berarti "uang", dan di Brasil artinya kurang ajar dan menghina.

Ketika menggunakan isyarat tangan ini di negara Amerika Latin, Meksiko, dan Kolombia, maka kita tidak akan direspon secara tidak ramah oleh penduduk setempat.

Yang lebih menakutkan lagi adalah ketika kita menggunakannya di Negara Tunisia. Kenapa menakutkan? Apakah bermakna negatif atau gimana?!

Ya kalau menurut saya sih menakutkan, gimana tidak?! Isyarat "OK" ala Indonesia ini jika di gunakan oleh orang Tunisia, itu artinya adalah "saya akan membunuh kamu" atau "i wanna kill you!". serem kan?!

Nah itulah berbagai makna yang bisa kita ketahui dalam satu isyarat tangan yang sama. Jadi kita juga perlu berhati-hati ketika menggunakan isyarat tangan, dan lebih baik kita mempelajari terlebih dahulu apabila kita ingin pergi ke luar negeri sana, ya tentunnya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Ada cerita-cerita lain juga yang akan saya ceritakan sama agan-agan semua. Ya karena ini baru part I. Tunggu postinganku yang lainnya ya..


Sumber: Mulyana Deddy. 2010. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya





0 Response to " Isyarat Tangan Ini Mempunyai Makna Berbeda di Berbagai Negara ( Part I )"

Post a Comment