Kota dan Tempat Terindah di Negara China

Kota dan Tempat Terindah di Negara China

Postingan kali ini merupakan kelanjutan postingan sebelumnya yang pembahasannya lebih kepada tentang geografi Negara China yang juga dikenal sebagai negara tirai bambu tersebut. Setelah membaca postingan yang pertama, bagaimana? Tertarikkah untuk mengenjungi negara China? Kalau belum, Saya akan sunguhkan beberapa pembahasan yang bisa mengubah pikiran dan nenambah pengetahuan Anda semua tentang Negara China.

Kota Shanghai

Sumber: Google

Kota pencakar langit adalah sebutan untuk kota Shanghai yang juga merupakan kota terbesar di China dan kota terbesar ke-8 di seluruh dunia. Disebut kota pencakar langit karena disana memang terdapat banyak gedung-gedung tinggi, salah satu gedung yang terkenal yaitu The Oriental Pearl Tower. Sebagian besar dari kalian pasti sudah tahu bukan? The Oriental Pearl Tower mempunyai tinggi 468 meter, dimana kalian bisa melihat pemandangan dengan sangat luas. Selain ada banyak gedung tinggi, terdapat juga Taman Rakyat dimana setiap paginya kalian bisa melihat orang-orang yang sedang berlatih Tai Chi. Tai Chi adalah latihan yang terdiri atas serangkaian gerakan dan olah tubuh.

Tahukah kalian? Kota Shanghai ini merupakan salah satu kota pelabuhan tersibuk di dunia dan telah menjadi pelabuhan kargo (muatan) terbesar di dunia sejak tahun 2005. Letak kota Shanghai berada di China bagian timur, tepatnya di tepi lembah Sungai Yangtse.

Kota Beijing

Beijing adalah kota dengan populasi terbesar kedua di China setelah Shanghai. Di pusat kota Beijing ada tempat menarik yang bisa kalian kunjungi, namanya adalah The Forbidden City (Kota Terlarang) atau Forbidden Palace (Istana Terlarang). Kota Terlarang memiliki 800 bangunan dan lebih dari 8.000 ruanagan. Pada zaman dahulu kala, kota ini merupakan Istana Kekaisaran, yaitu kediaman para kaisar (sebutan yang diberikan kepada pemimpin bangsa China) yang pernah memimpin China. Namun kini tempat itu telah menjadi museum besar, menjadi salah satu Situs Pusaka Dunia dan juga dicatat oleh UNESCO sebagai tempat dengan koleksi bangunan kayu kuno terbesar di dunia.

Tembok Besar China

Tembok yang sangat panjang ini tercatat sebagai bangunan terbesar sepanjang masa yang pernah dibangun oleh manusia. Dibangun diatas lereng terjal sejak abad V SM dengan tujuan mempertahankan Negara China dari serangan suku-suku nomadik Barbar yang berasal dari Mongolia, yang merupakan negara tetangganya. Oh ya, nomadik adalah nama yang digunakan untuk orang-orang yang bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya. Tembok Besar China membentang dari Celah Shanhai di bagian timur sampai ke Lop Nur di bagian barat, dengan panjang tembok 6.400 kilometer.

Tentara Lempung

(Sumber: Google)

Untuk cerita tentara lempung ini ternyata masih banyak orang yang mengetahuinya. Jadi sejarahnya begini, pada bulan Maret tahun 1974 ada para petani yang sedang mengebor sumur di sebelah timur Gunung Lishan yang berletak di Provinsi Shaanxi berhasil menggali pekuburan Kaisar Kin Shi Huang dan para petani ini menemukan apa yang kini dikenal sebagai 9.000 buah Prajurit Terakota (tanah liat berwarna merah) seukuran manusia, tapi tinggi badan mereka berbeda-beda. Setiap patung mempunyai potongan rambut sesuai dengan pangkat ketentaraan yang diwakili. Mereka dibekali dengan senjata asli, seperti tombak, busur panah, atau pedang. Pasukan tentara yang terbuat dari lempung ini dimaksudkan untuk mengawal dan menjaga sang kaisar di alam baka. Tentara Lempung ini kini bisa kalian lihat di Museum Prajurit Terakota Kaisar Kin di Xi’an.

Hutan Pagoda

Anda dapat menyaksikan “Hutan Pagoda” di Kuil Shaolin yang terletak di Provinsi Henan. Pagoda adalah kuil yang dibangun menyerupai menara yang menjulang tinggi. Pagoda ini berfungsi sebagai tempat peristirahatan terakhir dari para rahib (pendeta, pertapa dalam biara) dan kepala biara yang pernah tinggal di kuil tersebut. Disini juga kalian bisa melihat para murid dan guru Kung Fu yang sedang mendemonstrasikan keahlian mereka.

Pegunungan Himalaya

Apa yang ada di benak Anda ketika orang menyebutkan kata Himalaya? Pegunungan yang indah dan puncak-puncak yang tinggi berselimut es tebal? Ya, itu memang benar, terutama untuk para pecinta dan penggiat alam, salah satunya di bayangan mereka ada Gunung Everest, yang merupakan gunung tertinggi di dunia.

Himalaya merupakan merupakan pegunungan tertinggi di dunia, sembilan dari sepuluh puncak tertinggi ada disini, sehingga orang sering menggambarkannya sebagai “tempat bertemunya langit dan bumi”. Membentang sejauh 2.600 kilometer sepanjang wilayah barat daya China, Pakistan Utara, Nepal, Bhutan, dan India Utara. Gunung Everest mempunyai ketinggian mencapai 8.850 mdpl sedangkan Gunung K2 mempunyai ketinggian 8.611 mdpl. Karena ketinggiannya inilah, hanya ada sedikit udara yang bisa kita hirup, dan berdampak pada proses pernapasan yang menjadi sulit, untuk para pendaki diwajibkan membekali dirinya dengan persediaan oksigan yang cukup. Edmun Hillary dan Tenzing Norgay adalah orang pertama yang berhasil mencapai puncak Gunung Everest pada tahun 1953.

Habitat Pegunungan Himalaya

Habitat di Pegunungan Himalaya sebenarnya sangat beragam, mulai hutan tropis dan hutan subtropis yang terletak di kaki bukit, menunjukkan bahwa terdapat banyak varietas hewan dan tumbuhan. Namun sayangnya, sekarang banyak hewan-hewan yang kini menjadi langka. Contohnya adalah panda merah dan macan tutul. Panda merah dikenal dengan sebutan “wah”, ia mempunyai suara yang sangat berisik dan aneh.





0 Response to "Kota dan Tempat Terindah di Negara China"

Post a Comment