Letak Wilayah Daratan Negara China

Letak Wilayah Daratan Negara China 

Sudah sangat familiar dan tidak asing lagi di benak kita apabila mendengar kata China, ya negara yang sangat besar ini menarik perhatian Saya untuk membahasnya dalam postingan kali ini. Lalu apa saja yang akan Saya bahas? Yuk kita simak beberapa poin berikut ini.

Letak Negara China

Sumber: Google

Negara China merupakan sebuah negara yang sangat luas, yaitu sekitar 9.596.960 Km2, atau mencakup hampir seluruh wilayah Asia Timur, sehingga menjadikan negara ini negara terbesar keempat di dunia. Negara tetangganya antara lain ada Rusia, Mongolia, Kazakstan, Kirgistan, Nepal, India, Bhutan, Myanmar, Vietnam, Laos, Macau, dan Korea Utara. Sedangkan untuk lautan dan samudra terdekatnya yaitu, Samudra Pasifik dan Laut China Selatan. Beijing adalah ibu kota dari negara Republik Rakya China ini.

Wilayah Hong Kong juga tercakup kedalam Negara China setelah pada tahun 1997 diserahkan oleh pemerintah Inggris kepada pemerintah Republik Rakyat China. Karena sebelumnya 150 tahun tergabung dalam pemerintahan Inggris, maka wilayah Hong Kong ini menjadi kebarat-baratan dan berbeda dengan wilayah China lainnya.

Negara China mempunyai 56 suku bangsa, dan Suku Han adalah suku bangsa terbesarnya. Terdapat permasalahan yang sangat penting di negara ini, yaitu mengenai populasi penduduk. Ada sekitar 15 juta jiwa pertahunnya populasi negara ini meningkat, pemerintah China mencari jalan keluar untuk permasalahan tersebut. Dan akhirnya pada tahun 1979 pemerintah menetapkan kebijakan mengenai jumlah anak, dan “Satu Anak” per keluarga menjadi solusinya, tujuannya adalah untuk menekan masalah kependudukan. Agama mayoritasnya adalah Taoisme, Budha, dan Islam. Sedangkan untuk bahasanya yang digunakannya yaitu China (Mandarin) dan Kanton.

Wilayah Daratan China

Karena luasnya wilayah China, menjadikan China mempunyai wilayah alam yang berbeda-beda. Di bagian barat terdapat pegunungan dan dataran tinggi atau disebut jugan dengan Plato, sedangkan untuk bagian timur terdapat daerah perbukitan dan dataran rendah.

Tempat Tinggal Penduduk China

Negara China memang mempunyai kota-kota yang sangat sibuk. Tapi tahukah kalian?, ternyata 70 % dari penduduknya itu menempati wilayah pedasaan. Mereka memilihnya karena di daerah pedesaan memiliki iklim yang sangat bersahabat, selain itu mereka dapat bercocok tanam dimana tanaman dapat tumbuh lebih cepat karena kesuburan tanahnya.

Gurun Taklimakan

Ada yang pernah mendengar nama Gurun Taklimakan?

Gurun ini sering disebut sebagai “gurun kematian” karena kegersangannya yang begitu tiada tara. Gurun ini terletak dibagian barat negara China. Selain Gurun Taklimakan, ada juga Gurun Gobi yang teletak di China dan Mongolia Selatan. Menurut legenda yang beredar, Gurun Gobi tercipta ketika seorang pemimpin sakti bangsa Mongolia dikejar-kejar oleh tentara China. Pemimpin bangsa Mongolia itu mengucapkan mantra-mantra sehingga seketika itu juga melenyapkan daratan dibelakangnya dan menjadi hamparan gurun. Suhu Gurun Gobi dapat naik hingga 57oC pada musim panas, dan turun drastis hingga -60oC pada musim dingin.

Tekstur pasir Gurun Gobi sangat berbeda dengan gurun lainnya yang kasar dan tidak rata, sedangkan pasir Gurun Gobi ini sangat lembut dan bulat. Butiran pasir ini akan menciptakan suara dentuman yang menyerupai musik yang menyeramkan, peristiwa ini terjadi ketika kondisi yang sangat kering sehingga butiran pasir tersebut melintasi bukit dan secara bersamaan dan bertabrakan, dan dari situlah suara tersebut berasal.

Iklim

China mempunyai beberapa iklim yang berbeda. Di bagian selatan, tepatnya di Hainan, masyarakat dapat menikmati cuaca tropis yang hangat sehingga kita bisa mengenakan pakaian yang berbahan tipis. Provinsi Hainan mempunyai dua pantai yang sangat terkenal, yaitu Pantai Tianya Haijiao dan Pantai Dadonghai. Sedangkan di wilayan utara Manchuria mempunyai iklim subartkik (kawsan di sebelah utara kutub Arktik), iklim ini mempunyai temperatur yang rendah, sekitar -30opada musim dingin sehingga untuk para wisatawan dianjurkan untuk memakai dan membawa pakaian hangat dalam jumlah banyak. Untuk musim panas sendiri, temperaturnya lebih hangat namun periode yang dimilikinya lebih singkat.



1 Response to "Letak Wilayah Daratan Negara China "

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete