Makna dan Peran Musik Nontradisional

Musik tradisional merupakan sebutan musik yang sudah dipengaruhi oleh mancanegara, pengaruh tersebut berupa alat, penyajian yang serba modern. Walaupun demikian penyajian musik nontradisional tetap berperan dalam kehidupan budaya masyarakat. Peran tersebut sampai saat ini dapat kita rasakan  Diantara peran musik nontradisional adalah sebagai media komunikasi, maksudnya adalah sebagai sarana perhubungan satu orang ke orang lain atau sebagai sarana mengumpulkan orang.

Disamping mempunyai peran, musik modern mempunyai nilai-nilai, nilai-nilai tersebut dapat dirasakan dan ditemukan dengan cara penghargaan, penjiwaan yang mendalam disertai pengalaman-pengalaman . Diantara nilai-nilai tersebut, antara lain nilai estetis atau keindahan, nilai pendidikan, nilai religius atau agama, nilai bisnis atau komersial, dan nilai semangat juang.

Mengenai penyajian musik  modern dalam hal vokal, antara lain monotrasi orkestra, cannon, aubade, serenade, nocturne, berceuse. Mengenai penyajian instrumen ada band, marching band, orkes philharmoni, musik fanfare, dan lain-lain.


Makna Musik Tradisional

Musik nontradisional adalah musik yang penyajiannya maupun peralatannya dipengaruhi luar negeri (mancanegara). Musik nontradisional alatnya pun lebih maju dan canggih. Misalnya gitar elektrik, keyboard, obo, terompet, drum, dan lain-lain. Musik nontradisional juga disebut musik modern, salah satu contoh penyajian musik tradisional adalah konser.

Musik modern sangat terkait dan berhubungan erat dengan perannya dalam konteks sosial budaya yakni memperkaya pengalaman jiwa, disamping mendukung upacara sakral.

Peran Musik Tradisional

1. Media komunikasi, yakni dapat digunakan sebagai sarana perhubungan dengan orang lain. Contoh, terompet untuk mengumpulkan orang, begitu pun juga dengan kentongan.
2. Media ekspresi, yaitu ungkapan perasaan, gejolak hati, emosi dan imajinasi seseorang. Contoh, orang dapat mendapat kebahagiaan atau mendapat hadiah sambil menyanyi, bayi menangis saat dilahirkan.
3. Media bermain.
4. Media pengembangan bakat atau media pendidikan.
5. Media berpikir kreatif.

Seni musik dapat sebagai sarana untuk memecahkan masalah dan karya baru, yakni dengan cara pembelajaran seni. Pada dasarnya perilaku seni yang kreatif merupakan kegiatan penciptaan baru, memberi tafsir (interpretasi) seni lama dengan pembaruan dan penemuan baru,

Ciri-Ciri  Orang Kreatif

1. Hasil karyanya unik karena dipengaruhi dari dalam dan dari luar (internal dan eksternal).
2. Bersikap bebas dalam mengamati, menganalisis, berpikir dan bertindak.
3. Sadar dan ingin tahu.
4. Bersifat terbuka dan peka pada sesuatu yang menarik.
5. Teliti mengamati sesuatu.
6. Peka lingkungan.
7. Tanggap rangsangan sensoris.
8. Memiliki kemauan, kemampuan merespon yang tinggi.
9. Senantiasa mencoba yang baru, mengutamakan keaslian.
10. Bersifat tegas pada hal yang disukai atau tidak.  

0 Response to "Makna dan Peran Musik Nontradisional"

Post a Comment