Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri Saat Berbicara di Depan Publik

Definisi Percaya Diri


grogi-bicara-didepan-umum.jpg (997×534)


Menurut Thantawy R, percaya diri adalah kondisi mental atau psikologis diri seseorang yang memberi keyakinann kuat pada dirinya untuk berbuat dan melakukan suatu tindakan. 
Sedangkan menurut Dr. Robert Anthony, kepercayaan diri adalah keyakinan seseorang yang diperoleh melalui monolog dengan dirinya sendiri yang bersifat internal, keyakinan yang mendukung pencapaian berbagai tujuan hidup untuk berputus asa walaupun menemui kegagalan.

Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri  Saat Berbicara di Depan Publik


- Be your self.
- Hindari pernyataan minta maaf saat berbicara didepan publik, baik dari sisi konten yang dibawakan maupun minimnya pengalaman Anda.
- Gunakan pakaian yang nyaman dan menunjang saat berkomunikasi.
- Tersenyum.
- Lupakan standar yang ditetapkan orang lain.
- Tampil serapi mungkin.
- Berdoalah atau bermeditasi sejenak.
- Berbicara perlahan.
- Evaluasi diri.
- Lakukan afirmasi dan visualisasi
- Kuasai materi.
- Lontarkan humor yang wajar

Faktor yang Membantu Meningkatkan Rasa Percaya Diri


- Pengenalan diri mutlak diperlukan bagi siapa saja untuk mengenali dirinya sendiri, segala kelebihan maupun kekurangan setidaknya diketahui untuk dapat meningkatkan perkembangan sikap pribadi.
Umpan balik adalah sarana yang efektif untuk berinteraksi baik dengan diri sendiri maupun lingkungannya untuk memperoleh jati diri kita yang sebenarnya agar mempermudah perkembangan sikap pribadi.
- Upaya pembentukan sikap  adalah sebuah upaya untuk mengembangkan segi positif dan mengatasi segi negatif yang dimilki sehingga mampu memupuk sikap-sikap positif.
- Pengembangan diri hendaknya sejalan dengan penyesuaian terhadap lingkungan sosial yang dapat membangkitkan rasa puas, karena selain akan mampu mengembangkan diri, lingkunganpun bisa menerima Anda dengan baik.


0 Response to "Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri Saat Berbicara di Depan Publik"

Post a Comment